Jumat, 20 Juli 2012

Harvest Moon Back to Nature Review (PS)

Harvest Moon Back to Nature merupakan Harvest Moon legendaris yang pernah ada. Meskipun sudah banyak Harvest Moon yang memiliki grafik yang lebih bagus dan fitur-fitur terbaru, namun  belum ada satupun yang bisa menyaingi kepopuleran game ini. Harvest Moon Back to Nature memiliki grafik yang cukup bagus di consolenya, karakter yang lucu dan soundtrack yang benar-benar nostalgia dan sulit untuk dilupakan. Jalan cerita game ini sangat bagus dan sampai menyentuh jiwa seorang gamers. 

Harvest Moon Back To Nature
Ceritanya ,ketika pulang dari kota, mayor dan penduduk desa sepakat memberimu wewenang untuk merawat kebun yang diwariskan oleh kakekmu. Dalam 3 tahun, mereka sangat berharap agar kamu dapat mengembalikan kebun itu seperti masa jaya dulu. Sebelumnya, kamu teringat akan masa kecilmu dulu ketika menghabiskan liburan musim panas di kebun tersebut. Masa-masa yang tak bisa kau lupakan, terutama ketika bertemu dengan seorang gadis desa dan berteman dengannya. 

A. Kondisi Awal Kebunmu
1. Rumah
Awalnya, raumahmu memang sangat kecil. Tapi, kamu dapat meng-upgrade-nya sampai level 3. Terdapat beberapa bagian penting, yaitu:
  • Tempat tidur.
  • Televisi, kamu dapat melihat ramalan cuaca, saluran berita, hiburan, dan saluran produk-produk terbaru.
  • Tool Box, tempat kamu menyimpan peralatan dan bibitmu.
  • Kalender, kamu dapat melihat kapan hari-hari penting dan festival berlangsung disini.
  • Lemari (Rumah level 2), kamu dapat menyimpan barang-barangmu disini.
  • Kulkas (Rumah level 2), kamu dapat menyimpan bahan makanan atau masakanmu disini.
  • Tempat tidur ke dua (Rumah level 3), kasur ini milik istrimu nanti.
2. Ladang
Kakekmu memberimu ladang yang sangat luas. Tetapi, kamu tidak harus menggunakan keseluruh ladang tersebut. Karena ladang itu memang terlalu luas. Gunakan ke-seperempat saja, selebihnya tanami rumput.

3. Kandang Ayam
Awalnya, kamu hanya dapat memelihara 5 ekor ayam, tetapi kamu dapat memelihara 10 ekor ayam setelah meng-upgrade kandang ayam sampai level 2. Terdapat beberapa bagian penting:
  • Feed Place, tempat kamu menaruh pakan ayam. Ambil pakan ayam di kotak merah tempat pakan ayam disimpan.
  • Incubator, tempat kamu menetaskan telur. Taruh telur disana.
  • Mayonise Maker, beli dari Saibara setelah kamu meng-upgrade kandang ayam.
4. Kandang Sapi
Tempat kamu memelihara sapi dan domba. Awalnya kamu hanya dapat memelihara 10 ekor sapi atau domba. Tetapi, kamu dapat memelihara 20 ekor setelah meng-upgrade kandang sapi sampai level 2. Terdapat beberapa bagian penting:
  • Feed Place, tempat kamu menaruh pakan sapi. Ambil pakan sapi di kotak merah tempat pakan sapi disimpan.
  • Feed Place #2, jika kamu memiliki sapi atau domba yang hamil, taruh pakan disini.
  • Cheese Maker, beli dari Saibara setelah kamu meng-upgrade kandang ini.
  • Wol Maker, beli dari Saibara setelah kamu meng-upgrade kandang ini.
5. Kandang Kuda
Masukkan kuda kesini jika hari hujan.

B. Goal
Di game ini, kamu hanya harus mengembalikan kebun milik kakekmu seperti dulu. Kamu harus merawatnya dengan baik dan sungguh-sungguh. Tidak hanya itu, kamu juga harus bersosialisi dengan penduduk. Jika kamu berhasil, maka kebun ini akan menjadi milikmu sepenuhnya.

C. Kesimpulan
Tidak perlu diragukan lagi, game ini memang pantas menjadi Harvest Moon legendaris. Grafik cukup baik dan lucu di kelasnya. Soundtrack-nya memang benar-benar memukau hati para gamers. Fiturnya benar-benar unik, lain dari yang lain. Lahan yang sangat luas, peralatan yang dapat kita upgrade sampai level 5, tambang ada dua, adanya fitur madu yang dapat kita jual, adanya kurcaci yang dapat membantu kita bekerja, dan lain-lain. Di game ini, kita mainnya  cepat. Tidak pada game-game terbaru yang kesan mainnya lambat (Seperti Harvest Moon A Wonderful Life). Salah satu yang membuat game ini unik adalah cutscene yang ditampilkan game ini benar-benar dibuat seperti nyata dan diselingi dengan soundtrack yang luar biasa. Hanya ada satu kekurangan pada game ini. Kalian tahu? tidak ada nama di indikator karakter ketika mereka bicara. Sehingga akan sedikit sulit untuk mengahafal nama mereka. Tetapi itu tidak sebanding dengan kehebatan game ini.

1 komentar:

  1. harvest moon - back to nature menurut saya punya daya tarik tersendiri, pasalnya rilis pertamanya adalah seri ini dan walaupun seri lainnya bermunculan dengan perbaikan grafik, tool, rumah, karakter disana-sini tapi bagi gamers yang mencintai dan bahkan ingin bernostalgia dengan game harvest moon back to nature dapat menggunakan konsol game ps1 langsung atau menggunakan emulator epsxe, pcsx dan emulator sejenis lainnya.

    kesimpulan: review agan sudah cukup bagus, dan bila diizinkan mengajukan saran, agan bisa membuat artikel dengan topik spesifik contohnya, karakter di seri ini siapa saja, event-event, cara mendapatkan red berry dll. oh ya, saya tunggu yah kunjungan silaturahminya di blog saya: NGAGE4ALL

    BalasHapus

 
Modificated by Excellent Farm | Bloggerized by Fendy - Excellent Farm Premium Theme | Thanks to Free WordPress Theme